" IDEALNYA ACEH DIBAGI 3 PROVINSI AGAR CEPAT MAJU "

Banda Aceh - Komite Dewan Pertimbangan Percepatan Pemekaran Aceh Leuser Antara (KP3 ALA) Pusat Armen Desky mengatakan idealnya Aceh menjadi tiga provinsi guna mempercepat pembangunan di wilayah tersebut.

“Idealnya di Aceh punya tiga provinsi dengan satu Wali Nanggroe guna menarik dana pusat bisa lebih banyak diberikan ke wilayah ujung barat sumatera ini,” katanya yang dihubungi dari Banda Aceh,kemarin.

Hal tersebut disampaikan terkait isu pemekaran Provinsi Aceh Leuser Antara dan Aceh Barat Selatan (ALA dan ABAS).

Selanjutnya, Armen Desky yang juga mantan Bupati Aceh Tenggara itu mengatakan dengan pemekaran dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Aceh.

“Saat ini angka pengangguran dan kemiskinan masih banyak, karena tidak adanya produksi apapun di Aceh yang wilayahnya cukup luas,” katanya menambahkan.

Provinsi Aceh dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 4,7 juta jiwa itu tersebar di 23 kabupaten dan kota.

“Pemekaran jangan diartinya Aceh ‘akan terbelah’ tapi justru kita disatukan oleh seorang ‘Wali Nanggroe’. Upaya pemerataan pembangunan akan cepat direalisasikan jika Aceh menjadi tiga provinsi,” kata Armen Desky.

Dipihak lain, ia juga memastikan Provinsi ALA akan terwujud sebelum pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2014, dengan alasan surat persetujuan dari pusat saat ini sudah di meja Sekretariat Negara.

“Kita mendoakan saja, jika tidak ada halangan maka pemekaran provinsi untuk melahirkan ALA akan terwujud pada 2014. Untuk provinsi ABAS juga sedang sama-sama berjuang agar bisa terwujud,” katanya menambahkan.

Namun, Armen Desky menyatakan sepakat untuk sementara wilayah barat dan selatan Aceh (ABAS) bergabung ke Provinsi ALA sambil menunggu tuntasnya persyaratan administrasi yang dibutuhkan Pemerintah Pusat. []


Sumber : Antara / Diliput News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar